Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. CHIYODA INTEGRE INDONESIA KARAWANG

Authors

  • Widya Apriliah Universitas BSI
  • Neni Subekti Universitas BSI
  • Tri Haryati Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v14i2.50

Keywords:

Koperasi, Sistem Informasi Simpan Pinjam, Waterfall

Abstract

Keberadaan koperasi saat ini tidak hanya terdapat pada lingkungan masyarakat umum saja namun dalam beberapa perusahaan juga memiliki koperasi yang digunakan dengan tujuan menjadi sebuah media untuk membantu para anggota koperasi karyawan dalam mengembangkan dan meningkatkan perekonomian anggota koperasi karyawan termasuk menjadi solusi jika anggota koperasi karyawan membutuhkan pembiayaan untuk kebutuhan hidup anggota koperasi karyawan tersebut. Pada Koperasi Karyawan yang terdapat pada PT. Chiyoda Integre Indonesia Karawang dalam kegiatan pengolahan data transasksi keuangan nya saat ini masih menggunakan sistem konvensional, yang mana sistem saat ini yang masih menggunakan sistem konvensional ditemukan kendala-kendala seperti kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan sampai pada proses pembuatan laporan transaksinya. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan sebuah sistem penunjang koperasi yang dapat memudahkan proses pengolahan data transaksi dan meminimalisir kesalahan pada saat pengolahan data transaksi koperasi sehingga dapat menciptakan laporan yang lebih akurat dan efisien. Pemanfaatan teknologi informasi saat ini dapat digunakan sebagai solusi untuk merancang dan membuat sistem informasi koperasi sebagai solusi dari permasalahan diatas, pada penelitian ini penulis menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan software dan software Visual Basic.Net yang digunakan dalam merancang dan membuat sistem informasi koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliah, W, R Ningsih, N Ariyanti, and T Haryati. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada Smp Islam Al Mujahidin Pamulang Tugas Akhir.” INKOFAR 1(2): 29–39. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/vviewite/16096.

Fauziah, Mar’atul, and Dewi Laraswati. 2015. “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pasar Induk Kramat Jati Jakarta.” Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa IV: 247–55.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4460278/menaker-kopkar-bisa-tingkatkan-kesejahteraan-pekerja

Fridayanthie, Eka W, Jimmy Charter. Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Karyawan Menggunakan Metode Object Oriented Programming (Studi Kasus: Pt. Arta Buana Sakti Tangerang).Jurnal Techno Nusa Mandiri. Vol.XIII, No. 2 September 2016.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sholikhah, Imroatus, Mahmud Sairan, and Nurfia Oktaviani Syamsiah. 2017. “Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv Gemilang Muliatama Cikarang.” Jjurnal Teknik Komputer Amik Bsi volIII(no1): 16–23. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/1338.

Suhardi. 2019. “Pengaruh Gaya Hidup, Demografi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Alfamart Sukaseuri Cikampek.” Perspektif 17(1): 96–103. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/download/5462/3123.

Sukamto, dan Shalahudin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak.

Bandung: Informatika

Tabrani, Muhamad, and Insan Rezqy Aghniya. 2019. “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam.” Jurnal Interkom 14(1): 44–53. https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/44.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

[1]
W. Apriliah, N. Subekti, and T. Haryati, “Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. CHIYODA INTEGRE INDONESIA KARAWANG”, interkom, vol. 14, no. 2, pp. 81–89, Jul. 2019.