Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype

Authors

  • Siswidiyanto Siswidiyanto Universitas BSI
  • Ahmad munif Universitas BSI
  • Diah Wijayanti Universitas BSI
  • Eko Haryadi Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i1.64

Keywords:

Sistem informasi, Sistem Penyewaan Rumah Kontrakan

Abstract

Penyewaan rumah kontrakan membutuhkan sekali adanya suatu sistem informasi, karena proses penyewaan kontrakan saat ini masih menggunakan cara manual, yaitu dengan mencari kontrakan secara langsung  dan pemilik kontrakan hanya memasang selebaran kertas di jalan terdekat dengan kontrakan yang dimiliki, dengan cara tersebut kurang efektif dan efisien. Sistem informasi penyewaan kontrakan berbasis web diharapkan dapat meminimalisir waktu yang dibutukan untuk mendapatkan informasi tentang hal tersebut. Dimana penyewaan kontrakan akan sangat lebih hemat dan calon penyewa dapat mencari yang sesuai dengan keinginan, mulai dari lokasi, harga, dan fasilitas kontrakan, Selain itu penyewa kontrakan juga dipermudah dalam hal pemesanan dan mekanisme pembayarannya. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah dengan menggunakan model prototype, dimana alur dan tahapan yang digunakan meliputi mengidentifikasi pengguna dan mengembangkan prototype. Hasil dari penelitian ini adalah berupa sistem informasi penyewaan rumah kontrakan berbasis web yang diharapkan dapat memudahkan proses pengolahan data penyewa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diah Wijayanti, ratih Dwi asworowati, J. K. A. (2018). Sistem Informasi Penerimaan Pengemudi Berbasis Web Dengan Metode Prototype : Studi kasus PT. Dinamika Makmur Sentosa Cikarang, 3. Diambil dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/view/4663

Gunawan, D. (2015). Sistem Informasi Sewa Rumah Kost Dan Rumah Kontrakan Berbasis Web Di Surakarta. Sistem Informasi Sewa Rumah Kost Dan Rumah Kontrakan Berbasis Web Di Surakarta, 22.

Jogiyanto. (2015). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andy Offset.

Masturoh, Siti, Wijayanti, Diah, Prasetyo, A. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada SMK ITENAS Karawang. Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Meode Waterfall Pada SMK ITENAS Karawang, 20.

Setyo Setyo, P. (2012). framework codeigniter.

Shalahuddin, R. dan. (2015), Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Modula.

Yanuarti, E. (2017). Prototype Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Pegawai Tugas Belajar, 3(2), 36–41.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

[1]
S. Siswidiyanto, A. munif, D. Wijayanti, and E. Haryadi, “Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype”, interkom, vol. 15, no. 1, pp. 16–23, Apr. 2020.