Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada PT. TRICIPTA SWADAYA KARAWANG

Authors

  • Eva Nurfitriana Universitas BSI
  • Widya Apriliah Universitas BSI
  • Herlina Ferliyanti Universitas BSI
  • Hasan Basri Universitas BSI
  • Ratnawati Ratnawati Universitas BSI

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i1.66

Keywords:

Jasa, Penyewaan, Kendaraan, Waterfall

Abstract

Sekarang ini, sistem informasi yang berteknologi tinggi dapat menghasilkan peranan yang sangat penting dalam berbagai kemajuan perkembangan teknologi yang maju begitu cepat dari waktu ke waktu. Sistem informasi yang telah terkomputerisasi tentu akan memberikan kinerja yang lebih efisien dibandingkan dengan sistem yang dalam penerpannya masih menggunakan cara manual. PT. Tricipta Swadaya Karawang adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyewaan barang dan jasa, salah satunya adalah jasa penyewaan kendaraan yaitu truk. Proses pengolahan data transaksi dalam kegiatan bisnis perusahaan ini masih menggunakan proses pengolahan data yang manual belum memiliki sebuah sistem informasi yang terintegrasi dengan database dimulai dari pendataan pemesanan mobil-mobilnya hingga dalam proses pelaporan pengolahan data nya, yang mana sistem saat ini yang masih menggunakan sistem konvensional ditemukan kendala-kendala seperti kesalahan dalam  pencatatan dan perhitungan  sampai pada proses pembuatan laporan transaksi nya yang masih belum efektif, efisien dan rapi. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu diusulkan dan dirancang sebuah sistem informasi dalam proses mengolah data transaksi pemesanan mobil yang penulis rancang dan usulkan sebagai solusi dari kendala yang dihadapi pada sistem yang berjalan pada perusahaan ini dalam perancangan program pemesanan ini penulis menggunakan tools visual basic dalam perancangan user interface program dan metode waterfall sebagai metode pengembangan softwarenya, serta dengan adanya sistem yang telah terkomputerisasi tentunya pemesanan kendaraan tersebut lebih efektif dan efisiensi dalam menunjang kinerja yang jauh lebih baik pada PT. Tricipta Swadaya Karawang ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliah, W., R. Ningsih, N. Ariyanti, dan T. Haryati. 2018. “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Rhadogel Gums Internasional Bekasi.” INKOFAR Volume (1)(2):29–39.

Apriliah, Widya, Neni Subekti, dan Tri Haryati. 2019. “Penerapan Model Waterfall Dalam Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi PT. Chiyoda Integre Indonesia Karawang.” Jurnal Interkom 14(2):34–42.

Enterprise, J. 2015. Mengenal java dan database dengan netbeans. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Fauziah, Mar’atul dan Dewi Laraswati. 2015. “Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Pada Koperasi Pasar Induk Kramat Jati Jakarta.” Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa IV:247–55.

Fitriyana, Iis dan Didi Susianto. 2018. “Aplikasi Akuntansi Piutang Jasa Service Pada PT. AUX Indonesia Bandar Lampung.” 1(1):32–49.

Sholikhah, Imroatus, Mahmud Sairan, dan Nurfia Oktaviani Syamsiah. 2017. “Aplikasi Pembelian Dan Penjualan Barang Dagang Pada Cv Gemilang Muliatama Cikarang.” Jurnal Teknik Komputer Amik BSI Volume II (no1):16–23.

Sukamto, dan Shalahudin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika

Tabrani, Muhamad dan Insan Rezqy Aghniya. 2019. “Implementasi Metode Waterfall Pada Program Simpan Pinjam Koperasi Subur Jaya Mandiri Subang.” Jurnal Interkom 14(1):44–53.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

[1]
E. Nurfitriana, W. Apriliah, H. Ferliyanti, H. Basri, and R. Ratnawati, “Implementasi Model Waterfall Dalam Sistem Informasi Akuntansi Piutang Jasa Penyewaan Kendaraan Pada PT. TRICIPTA SWADAYA KARAWANG”, interkom, vol. 15, no. 1, pp. 34–43, Apr. 2020.