Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0

Authors

  • Lila Setiyani STMIK Rosma
  • Jaki Wagiar STMIK Rosma
  • Evelyn Tjandra STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i2.68

Keywords:

Dapodik, Webqual, Kualitas Sistem

Abstract

Aplikasi Dapodik adalah aplikasi pendataan berbasis web yang menjadi salah satu sumber utama dalam perumusan kebijakan pemerintah. Dalam aplikasi Dapodik tersebut terdapat beberapa data yang dikelola diantaranya data sekolah, sarana prasarana, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan. Data atau informasi yang dihasilkan, dipengaruhi oleh kualitas dari aplikasi Dapodik itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kualitas sistem aplikasi Dapodik menggunakan model Webqual 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemudahan pengguna (usability), kualitas informasi (information quality) dan kualitas layanan interaksi (service interaction) pada aplikasi Dapodik sudah sangat baik dirasakan oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

C. Meok, “Data Pokok Pendidikan (DAPODIK),” 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/ index.php/ult/11 -artikel/59-data-pokok- pendidikan-dapodik.

“Data pokok pendidikan,” Wikipedia, [8] 2019. [Daring]. Tersedia pada: https://id.wikipedia.org/wiki/Data_pokok_ pendidikan. [Diakses: 27-Jul-2020].

Mulyati, A. A. P, dan D. P. K, “Pengaruh Kualitas Sistem Dan Informasi Pada Sistem Informasi Pembelajaran Online Terhadap Minat Pengguna Dan Penggunaan Sistem (Studi Kasus: Simponi Amik Mdp, Stmik Gi Mdp Dan Stie Mdp),” J. TAM ( Technol. Accept. Model), vol. 8, hal. 90-100, 2017.

B. A. R. Tulodo dan A. Solichin, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Perceived Usefulnes Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Care Dalam Upaya Peningkatan Kineija Karyawan (Studi Kasus PT. Malacca Trust Wuwungan Insurance, Tbk.),” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 10, no. 1, hal. 27-43, 2019, doi: doi.org/10.21009/JRMSI.010.1.02.

F. A. Pamungkas, “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

[1]
L. Setiyani, J. Wagiar, and E. Tjandra, “Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0”, interkom, vol. 15, no. 2, pp. 55–62, Jul. 2020.

Most read articles by the same author(s)