Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting

Authors

  • Dini Handayani STMIK Rosma
  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma
  • Yudin Wahyudin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.75

Keywords:

Beasiswa, Sistem Penunjang Keputusan (SPK), Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

SMK Negeri 1 Karawang adalah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berlokasi di Kabupaten Karawang yang saat ini memiliki fasilitas bantuan beasiswa yang diberikan kepada siswa dan siswinya. Sumber bantuan beasiswa tersebut bisa berasal dari pihak internal maupun eksternal. Saat ini SMK Negeri 1 Karawang  tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari pihak eksternal, tetapi hanya menerima bantuan beasiswa dari pihak internal seperti bantuan beasiswa dari  para Alumni SMK Negeri 1 Karawang. Bentuk bantuan beasiswa tersebut berbentuk uang dan khusus untuk siswa dan siswi yang berprestasi serta berasal dari keluarga tidak mampu.

Dalam proses penentuan pemberian beasiswa ada beberapa kriteria yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu seperti Kriteria Prestasi, Kedisiplinan, Kehadiran dan Penghasilan Orang Tua. Proses yang dilakukan dalam seleksi dimulai dari pihak kurikulum merekap kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dijadikan bahan rapat antara guru dan wali kelas dan diusulkan ke Kepala Sekolah untuk menetapkan siswa yang layak mendapatkan penerima beasiswa. Hal ini membutuhkan ketelitian dari bagian kurikulum dalam merekap data siswa berdasarkan prestasi yang diperoleh, kedisiplinan dalam mentaati aturan sekolah, tingkat kehadiran dari semua siswa dan data penghasilan orang tua siswa. Kemudian proses penetapan dan penentuan siswa penerima beasiswa saat ini tidak ada perhitungan khusus dan pembobotan setiap kriteria. Untuk itu dibutuhkan suatu Sistem Penunjang Keputusan (SPK) sehingga keputusan yang diperoleh lebih akurat. Metode perhitungan sistem penunjang keputusan yang digunakan yaitu metode Simple Additive Weighting (SAW).

Dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) proses penilaian bisa lebih tepat, karena berdasarkan pada nilai kriteria dan bobot tingkat kepentingan yang dibutuhkan dan juga bobot nilai bisa ditentukan sendiri oleh pengambil keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nofriansyah, Dicky. 2014. Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama). Yogyakarta. ISBN : 978-602-280-641-7.

Satzinger, John W. Jackson, Robert B. Burd, Stephen D. 2010. System Analysis and Design in a Changing World, Fifth Edition. ISBN-10: 1-4239-0228-9. Course Technology.

Turban, Efrain. Aronson, Jay E. Liang, Ting-Peng. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. ISBN-978-81-203-2961-4. New Dehli.

Fishburn, P.C. 1967. A Problem-based selection of multi-atribute decision making methods. Blackwell Publishing.

MacCrimmon, K.R. 1968. Decision Making among multiple attribute alternatives: a survey and consolidated approach. Calipornia : Advanced Research Porject Agency.

Frieyadie, Penggunaan Metode Simple Additive Weighting Penentuan Kelayakan Pemberian Beasiswa Untuk Siswa Berprestasi, JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), Vol 3 No 1, no. 2017 , pp. 17-21, 2017.

D. H. Muhamad Muslihudin, Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Untuk Penerimaan Beasiswa Di SMA PGRI 1 Talang Padang Dengan Model Fuzzy Multiple Attribute Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw), Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), Vol 4, no. 2015, pp. 34-40, 2015.

S. W. Melita Indah Susanti, Metode Simple Additive Weighting(Saw) Dalam Penentuan Pemberian Beasiswa Pada Siswa Sekolah Menengah Atas, Jurnal SWABUMI, Vol.5 No.2, 2017, p. 114~123, 2017.

T. S. T. A. Fery Romidhoni Eprilianto, Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Jurnal JSIKA, Vol 1 - 2, no. Bol1., pp. 1-7, 2012.

I. Yulianti, I. Tahyudin and N. Nurfaizah, Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Beasiswa Pendidikan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Telematika, Vol 7, No 1, no. Vol 7, pp. 29-39, 2014.

Siti Monalisa, Aulil Amri, Analisis Sistem Penentuan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 12, No. 2, pp. 198-203, 2015.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

[1]
D. Handayani, Y. Yudiana, and Y. Wahyudin, “Rancang Bangun Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ”, interkom, vol. 15, no. 3, pp. 134–143, Oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)