Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pengisian Frs Online Berbasis Web Pada STMIK ROSMA KARAWANG

Authors

  • Ethika Rosanti STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma
  • Yeny Rostiani STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i3.76

Keywords:

FRS, SKS, IPK, PHP, MySQL, Waterfall

Abstract

Tujuan penelitian pada STMIK Rosma Karawang ini adalah memperbaharui sistem pengisian FRS oleh mahasiswa yang masih menggunakan cara manual menjadi sistem informasi pengisian FRS Online berbasis Web menggunakan PHP dan MySQL sebagai Database. Metode yang digunakan oleh penulis  yaitu  metode waterfall terdiri dari beberapa fase yaitu analisa terhadap kebutuhan (pengumpulan data), perancangan (pembuatan desain sistem usulan), Coding/penulisan kode program dan Penerapan/pengujian program (Integration & Testing) tahapan ini bisa dikatakan final dalam pembuatan sebuah sistem. Setelah melakukan analisa, desain dan pengkodean maka sistem dapat digunakan oleh User. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa proses pengisian FRS masih melakukan sistem secara manual yaitu dengan mengisi lembar pengisian FRS yang sewaktu-waktu dapat rusak atau hilang. Terkadang ada mahasiswa yang memperlambat pengumpulan FRS dengan berbagai macam alasan. Selain itu, mahasiswa terlalu bergantung dengan Kaprodi karena pengisian FRS manual memerlukan bimbingan dan Dosen yang bersangkutan tidak sewaktu-waktu dapat melaksanakan bimbingan karena jadwal mengajar atau sebagainya. Hal ini membuat proses pengisian FRS menjadi terlambat.  Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu melalui pemograman berbasis php ini diharapkan dapat memecahkan masalah pada sistem terdahulu yang tidak terkomputerisasi dengan baik. Diharapkan sistem ini dapat diakses kapan dan dimana saja. Sehingga membantu berbagai pihak, baik mahasiswa dalam pengumpulan FRS tepat waktu dan bagian BAAK dalam memproses data mata kuliah untuk menentukan jadwal perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Karouw, R. Tanggo, and S. C. Riady, “REKAYASA ULANG PROSES BISNIS REGISTRASI PENGISIAN KRS ONLINE PORTAL AKADEMIK UNIVERSITAS SAM RATULANGI,” J. Tek. Inform., 2013, doi: 10.35793/jti.3.1.2014.3926.

R. Syafitra, “Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Akademik Berbasis Web dan Android pada Program Studi Manajemen S1 STIE MDP,” Tek. Inform., 2013.

D. Anak Agung Gde Putra Ajiwerdi, “Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Mobile untuk pengisian Kartu Rencana Studi dengan Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FMADM) Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Informatika, 2012.

A. Solihin and D. Awalludin, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Inventory Control Berbasis Vb.Net Pada PT. Bekaert Indonesia,” Techno Xplore J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., 2019, doi: 10.36805/technoxplore.v4i2.827.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta, 2012.

Jeperson Hutahean, “Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean - Google Buku,” Deepublish. Deepublish, Yogyakarta, 2015.

J. L. Whitten, L. D. Bentley, and K. C. Dittman, “Metode Desain dan Analisis Sistem,” Yogyakarta Andi, 2015.

R. Stair et al., “Principles of information systems,” System, 2012.

P. S. Rosma, Buku Panduan Mahasiswa, Pertama. Karawang: STMIK Rosma Karawang, 2010.

P. RI, “PP 4 Tahun 2014,” Penyelenggaraan Pendidik. Tinggi Dan Pengelolaan Perguru. Tingg, 2014.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

[1]
E. Rosanti, D. Awalludin, and Y. Rostiani, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pengisian Frs Online Berbasis Web Pada STMIK ROSMA KARAWANG”, interkom, vol. 15, no. 3, pp. 144–154, Oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>