Pengaruh Pengendalian Biaya Bahan Baku Pembuatan Karoseri Type Kendaraan Angkutan Kota Terhadap Harga Pokok Pesanan Pada PT Bumi Bosowa International

Authors

  • Yudin Wahyudin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v12i2.8

Keywords:

Pengendalian, Biaya Bahan Baku, Harga Pokok Pesanan

Abstract

Pengendalian biaya bahan baku dalam sebuah proses produksi mutlak diperlukan, tanpa adanya pengendalian dikhawatirkan akan terjadinya pemborosan pemakaian bahan baku. Tujuan dari pengendalian bahan baku adalah agar bahan baku yang dipakai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan. Selain itu pengendalian yang dilakukan bertujuan agar terjadinya efesiensi dalam pemakaian bahan baku. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengendalian  biaya bahan baku yang dilakukan di PT. Bumi Bosowa International, penentuan harga pokok pesanan dan pengaruh biaya bahan baku terhadap harga pokok pesanan. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif, metode pengambilan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara, sedangkan metode pengolahan data digunakan beberapa analisis yaitu : analisis regresi, analisis korelasi, koefisien determinasi dan analisis uji t.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim, 1999, Dasar-Dasar Akuntansi Biaya. Edisi Keempat. Penerbit BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.

Bambang Riyatno, 1993, Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada, Yogyakarta

David Doyle, 1996. Pengendalian Biaya Pedoman Strategis. Cetakan Pertama. Penerbit PT. Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta

Gayle L Rayburn, 1999. Akuntansi Biaya dengan Menggunakan Pendekatan Manajemen Biaya. Edisi Keenam. Penerbit Erlangga Jakarta.

Haryono Jusup AL.1994, Dasar-Dasar Akuntansi, Edisi Keempat, Penerbit, Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN. Yogyakarta.

Milton F. Usry, Lawrence H. Hammer, 1997. Akuntansi Biaya Perencanaan dan Pengendalian. Edisi kesepuluh. Penerbit Erlangga Jakarta.

Mulyadi, 1999, Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Penerbit Aditya Media Yogyakarta.

Supriono, R.A, 1999. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi kedua. Penerbit BPFE Yogyakarta.

Sri Mulyono, 1998. Statistika Untuk Ekonomi. Edisi Revisi, FEUI Jakarta.

Sugiono, 2002. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta, Bandung

Usman Husaini, 2000. Pengantar Statistika. Cetakan kedua. Penerbit Bumi Aksara Jakarta.

Uus MD Fadli, 2002. Metodologi Penelitian. Hand Out Fakultas Ekonomi Unsika, Karawang.

Yogia Sembiring, Rivai Wirasasmita, 1991. Pengendalian Biaya. Cetakan Pertama. Penerbit CV. Pionir Jaya Bandung.

Downloads

Published

2017-07-30

How to Cite

[1]
Y. Wahyudin, “Pengaruh Pengendalian Biaya Bahan Baku Pembuatan Karoseri Type Kendaraan Angkutan Kota Terhadap Harga Pokok Pesanan Pada PT Bumi Bosowa International ”, interkom, vol. 12, no. 2, pp. 34–41, Jul. 2017.