Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG

Authors

  • Jamilatus Sadiah STMIK Rosma
  • Indaryono Indaryono STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.80

Keywords:

Sistem Informasi Akuntansi, Penggajian, Pemrograman VB.Net

Abstract

Sistem penggajian merupakan fungsi penting yang menjadi tanggung jawab Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Fungsi utamanya adalah untuk memberikan kompensasi kepada karyawan dalam bentuk gaji sebagai ganti kontribusi mereka terhadap organisasi/instansi. Penggajian merupakan salah satu proses dalam organisasi yang rentan terhadap masalah. Pengolahan data yang lambat dapat mengakibatkan lambatnya penyajian pembuatan laporan lambat sehingga dimungkinkan pula terjadi keterlambatan pembayaran gaji terhadap karyawan. Ditambah lagi jika terjadi kesalahan membuat perhitungan gaji menjadi tidak akurat. Hal ini menjadikan sistem penggajian perlu didukung oleh sistem informasi yang baik. Metodologi Penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu metode System Development Life Sycle (SDLC) Waterfall. Pengembangan metodologi penelitian memiliki beberapa tahapan yang berurut yaitu: perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment). Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, Penulis mengusulkan kepada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sanggabuana Agung Karawang untuk menggunakan VB.Net, diharapkan dengan sistem yang diusulkan dapat memperbaiki permasalahan Penggajian yang terjadi pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sanggabuana Agung. Berdasarkan penelitian ini, dengan adanya sistem perhitungan penggajian karyawan yang terkomputerisasi diharapkan nantinya akan menjadi suatu sistem yang berguna bagi perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang, dan diharapkan mampu memperbaiki permasalahan juga dapat memudahkan dalam perhitungan penggajiannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Azhar, Susanto. 2017. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan pertama. Lingga Jaya. Bandung

Krismiaji, 2015, Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit, Yogyakarta.

Baridwan, Zaki. 2013. Sistem Informasi Akuntansi, edisi kedua. Yogyakarta: BPFE.

Moch. Tofik. 2010 Panduan Praktisi Membuat Apliukasi Penggajian Dengan Excel 2007, Jakarta:Penerbit Mediakita.

Amsyah, Zulkifli. 2005, Manajemen Sistem Informasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Wahana Komputer. 2010. Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Mediakita.

Hidayatullah, Priyanto. 2014. Visual Basic .NET.Edisi Revisi. Bandung:Informatika

Darmayuda, Ketut, 2010, Pemprograman Aplikasi Database dengan Microsoft Visual Basic .NET 2008, Informatika Bandung, Bandung.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

[1]
J. Sadiah, I. Indaryono, and A. M. Yusuf, “Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG”, interkom, vol. 15, no. 4, pp. 190–200, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)