RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SINAU BASA LAN AKSARA JAWA (SIBAKJA) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KEBUMEN

Main Article Content

Triyono
Apit Priatna

Abstract

Abstrak


Bahasa jawa ialah sebuah kebudayaan yang sangat perlu dilestarikan karena membuat
Indonesia kaya akan ragam bahasa. Bahasa jawa merupakan bahasa yang digunakan untuk
berkomunikasi oleh sebagian besar masyarakat jawa khususnya di Kebumen. Pada umumnya siswa
Sekolah Dasar masih kesulitan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar serta sulitnya
memahami aksara jawa dikarenakan kurangnya media untuk belajar. Bahasa jawa akan lebih mudah
di ajarkan pada anak-anak apabila menggunakan suatu media yang menyenangkan, efektif,
konstekstual, bermakna dan efisien yang dikemas dalam suatu game edukasi. Dalam hal ini yaitu
media permainan sekaligus pembelajaran bahasa jawa yang ditanamkan dalam handphone pintar atau
smartphone yang sudah menggunakan android dalam sistem operasinya, aplikasi ini dibangun
menggunakan Adobe Flash CS6 dengan Action Script 3.0 sebagai bahasa pemrogramannya
merupakan cara yang paling ampuh dalam mengenalkan bahasa dan aksara jawa kepada anak tingkat
Sekolah Dasar, karena dengan metode seperti itu tetap akan memberikan suatu ilmu pengetahuan
kepada anak-anak dengan cara bermain game dan setelah itu bisa secara perlahan mengajak anak
tersebut untuk lebih dalam mempelajari bahasa jawa dan mengajak untuk melestarikannya.

Article Details

How to Cite
Triyono, & Priatna, A. (2020). RANCANG BANGUN GAME EDUKASI SINAU BASA LAN AKSARA JAWA (SIBAKJA) BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KEBUMEN. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 14(4), 44-55. Retrieved from https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/interkom/article/view/81
Section
Articles