Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Ovo Di Arawang Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Authors

  • Billie Khowirantio Lacky STMIK Rosma
  • Rini Malfiany STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v15i4.81

Keywords:

Tingkat Penerimaan Pengguna, OVO, Metode TAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan dari aplikasi OVO yang sebagai dompet digital di karawang dengan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan menggunakan TAM dengan variabel penelitian kemudahan pengguna dan kegunaan pengguna. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Karawang yang menggunakan aplikasi OVO. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan metode survei dan  kuesioner dengan instrumen angket dan pengukuran menggunakan  skala likert. Hasil penelitian menunjukkan penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat penerimaan sebagai bagian dari perusahaan, mempunyai pengaruh  terhadap pengguna aplikasi tersebut. Sehingga perusahaan OVO harus terus meningkatkan kualitas aplikasi nya supaya semakin banyak pengguna yang menggunakan aplikasi OVO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugroho, P., Winarno, W. W. and Hartanto, R. (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment Dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology’, Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, FT UGM, pp. 226–233.

Yulianto, S. E. (2011) ‘Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning Dengan Model Tam Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta’, Jbti, II(1), pp. 1–14.

Khakim, kharisma N. and Hadiprajitno, B. (2011) ‘Mempengaruhi Penerimaan Dan Penggunaan Software Akuntansi Myob Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model ( Tam )’, Diponegoro university, pp. 1–26.

Karim, M. A. (2017) ‘Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran Go-Pay Menggunakan Tam (Technology Acceptance Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojek Jurnal’, Jurnal Penelitian. Available at: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5402.

Kurniawati, H. A., Arif, A. and Winarno, W. A. (2017) ‘Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi’, e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 4(1), p. 24. doi: 10.19184/ejeba.v4i1.4563.

Ratri, S. M. (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE OLEH GURU SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM), Universitas Negeri Yogyakarta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Mayasari, F., Kurniawati, E. P. and Nugroho, P. I. (2011) ‘ANTESEDEN DAN KONSEKUEN SIKAP NASABAH DALAM MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (SURVEY PADA PENGGUNA KlikBCA)’, Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 2011(Semantik).

Juniarti Rosa Prafitri (2018) ‘Faktor -faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Mobile Payment : Sebuah Review Literature’, Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis, (3), pp. 526–534.

Sihaloho, L. L. (2020) ‘Pengaruh Personal Influences terhadap Penggunaan Alat Pembayaran Seluler: Studi pada OVO Lydia Lionita Sihaloho, Sony Warsono, MAFIS., Ak., CA., Ph.D.’

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

[1]
B. K. Lacky and R. Malfiany, “Analisis Tingkat Penerimaan Pengguna Ovo Di Arawang Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)”, interkom, vol. 15, no. 4, pp. 201–209, Jan. 2021.

Most read articles by the same author(s)