Analisis Dan Design Manajemen Control Produksi Menggunakan Business Process Improvement Dan Unified Modelling Language (STUDI KASUS: PT. MULTISTRADA)

Authors

  • Lila Setiyani STMIK Rosma
  • Benny Setiawan STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.94

Keywords:

BPMN, Industri 4.0, PHP, Unified Modeling Language, Web

Abstract

Di era industri 4.0 kecepatan dan ketepatan sebuah sistem informasi sangat dibutuhkan di dalam sebuah manufaktur seperti di dalam proses produksi. Dimana sebuah laporan sangat diperlukan kecepatan dan ketepatannya dalam penyajian data yang dibutuhkan terhadap user yang berhubungan didalam proses produksi tersebut. PT Multistrada adalah salah satu perusahaan multinasional yang bergerak di bidang ban kendaraan bermotor yang mengaplikasikan sistem informasi untuk mempermudah kontrol dan sebagai dasar acuan pengembangan dan perbaikan berkelanjutan. Permasalahan yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan yaitu tidak adanya sistem yang mengakomodir data inventory produksi yang menghambat proses monitoring terhadap keluar masuk barang atau size tyre yang sedang di produksi sebagai acuan pengiriman ban ke gudang logistik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Aplikasi Management Control Produksi yang dibangun mengadopsi teori dari (business process management notation) BPMN, PHP sebagai bahasa pemograman dan permodelan sistem Unified Modeling Language (UML). Penelitian ini termasuk pada design science research(DSR) dengan prosedur penyusunan instrumen penelitian, pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, pemodelan menggunakan BPMN dan UML, development system menggunakan PHP dan MySQL. Hasil penelitian ini berupa aplikasi managemeny control produksi yang dapat mengakomodir kebutuhan inventory produksi pada PT. Multistrada Arah Sarana

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widiastuti and Merianto, "PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SALING KETERGANTUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN (SAM) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING," 2011.

Kholil and Elyana, "Sistem Informasi Warehouse Dengan Model Rapid Aplication Development," 2019.

M. Weske, Business Process Management Concepts Languages, New York: Springer, 2007.

A. G. Waluyo, I. Aknuranda and N. Y. Setiawan, "Analisis Proses Bisnis Pada Toko Buku Galuh Menggunakan Business Process Improvement Framework," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 2, no. 12, pp. 7568-7574, 2018.

A. R. Perdanakusuma, A. Rachmadi, M. G. Muhammad, D. R. Ramadhan and I. M. Ubaidillah, "Pemodelan Proses Bisnis Pelayanan Aduan Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan Business Process Modeling Notation (BPMN)," Tecnoscienza, vol. 5, no. 1, 2020.

S. and H. Yasminra, "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Baju Distro berbasis Website E-Commerce di Kota Batam," Zona Komputer, vol. 8, no. 1, 2018.

A. Ahyari, Manajemen Produksi perencanaan sistem Produksi, Yogyakarta: BPFE, 2002.

S. Hadiprojo, Manajemen Perusahaan, Yogyakarta: BPFE, 2000.

D. R. Supriyono, Sistem Pengendalian Manajemen, Yogyakarta: BPFE, 2000.

R. Anthony and V. Govindjaran, Management Control Systems, New York: McGraw-Hill/Irwin; 11 Edition , 2005.

T. Sumarsan, Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta: PT. Indeks, 2013.

Mulyadi, Sistem Perencanaan Dan Pengendalian Manajemen, Jakarta: Salemba Empat, 2007.

Y. R and H. F, "Pemodelan Proses Bisnis Akademik Teknik Informatika Universitas Trunojouo dengan Business Process Modelling Notation (BPMN)," SimanteC, vol. 2, no. 5, pp. 93-100, 2016.

R. D and F. , "PEMODELAN PROSES BISNIS B2B DENGAN BPMN (STUDI KASUS PENGADAAN BARANG PADA DIVISI LOGISTIK)," SNATI, vol. 11, no. 1, pp. 40-50, 2017.

S. S. K. and A. A, "Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Prosedur Pelaksanaan Proyek Akhir Sebagai Alat Bantu Identifikasi Kebutuhan Sistem," J. INFOTEL - Inform. Telekomun. Elektron, vol. 7, no. 2, p. 143, 2015.

D. S and W. R. S., "Pengantar Unified Modeling Language (UML)," 2003. [Online]. Available: http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf.

W. &. Bentley, System Analysis & Design Methods Seventh Edition, New York: McGraw-Hill, 2007, p. 400.

W. Abdillah, METODE PENELITIAN TERPADU SISTEM INFORMASI, YOGYAKARTA: Andi, 2018.

J. Harrington, Business Process Improvement, New York : McGraw-Hill , 1991.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

[1]
L. Setiyani and B. Setiawan, “Analisis Dan Design Manajemen Control Produksi Menggunakan Business Process Improvement Dan Unified Modelling Language (STUDI KASUS: PT. MULTISTRADA)”, interkom, vol. 16, no. 1, pp. 27–37, Apr. 2021.

Most read articles by the same author(s)