Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang

Authors

  • Arif Maulana Yusuf STMIK Rosma
  • Hasmizal Hasmizal STMIK Rosma
  • Nurul Dini STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.95

Keywords:

Aktiva Tetap, Metode Garis Lurus, Penyusutan, SDLC, VB .NET

Abstract

Aktiva tetap adalah salah satu bagian utama dari kekayaan perusahaan yang berjumlah besar dan mengalami penyusutan dalam satu periode akuntansi (accounting period). Aktiva tetap dapat diperoleh dengan beberapa cara seperti membeli secara tunai, secara kredit atau angsuran, pertukaran, penerbitan surat berharga, dibangun sendiri, sewa guna usaha atau leasing dan donasi. Perhitungan penyusutan aktiva tetap terdapat beberapa metode yang digunakan salah satunya yaitu metode garis lurus dengan pembebanan yang sama disetiap penyusutannya. Dari hasil wawancara dan observasi pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri dalam proses operasionalnya menggunakan berbagai jenis aktiva tetap seperti mesin, alat-alat ringan maupun berat, inventaris kantor, dan sebagainya yang pastinya akan mengalami penyusutan. Sampai saat ini perusahaan sudah menerapkan penyusutan untuk semua aktiva tetap yang dimilikinya, namun masih diolah dengan Microsoft Excel dengan penilaian residu dari setiap pembelian aktiva tetapnya dinilai 50% atau setengahnya dari harga perolehan aktiva tetap. Pada penelitian ini untuk merancang sebuah program berdasarkan dengan permasalahan yang terjadi pada tempat penelitian digunakan SDLC (Sistem Development Life Cycle). Dengan banyaknya aktiva yang dimiliki maka diperlukan suatu aplikasi pencatatan penyusutan untuk memudahkan dang mengurangi kesalahan yang terjadi akibat salah memasukan daa kedalam rumus perhitungan. Setelah penulis mengidentifikasi kebutuhan mengenai perhitungan penyusutan aktiva tetap, maka penulis membuat rancangan aplikasi perhitungan penyusutan aktiva tetap menggunakan Microsoft Visual Basic.Net dengan database Microsoft SQL Server serta dilakukan pengaujian sistem dengan Black Box Testing

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Maulana, “Sinergitas Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha dalam Pemberdayaan Usaha Kecil untuk Mewujudkan Pembangunan Nasional,” Diakses pada, 2019.

H. B. Sitepu and E. R. . Silalahi, “Pengaruh Intensitas Aset Tetap, Leverage, Likuiditas, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan terhadap Revaluasi Aset Tetap pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI,” Jrak, 2019.

M. S. Purwanti and L. Sugiyarti, “Pengaruh Intensitas Aset Tetap , Pertumbuhan Penjualan dan Koneksi,” J. Ris. Akunt. Dan Keuang., 2017.

Ermanuri and E. P. Susanti, “Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap Pada Rumah Sakit Melati Tangerang,” J. Lentera Akunt., 2019.

H. Maruta, “Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud,” JAS (Jurnal Akunt. Syariah), 2017.

P. Pt, B. Perkreditan, and R. Bpr, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN BERBASIS VB . NET AGUNG KARAWANG Sanggabuana Agung Karawang merupakan penggajian pada PT BPR Sanggabuana Agung masih menggunakan Microsoft Excel , sehingga sering terjadinya kesalahan,” vol. 15, pp. 37–47, 2021.

NURHAYATI, “Peranan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan,” Maj. Ilm. Politek. Mandiri Bina Prestasi, 2018.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, 2017.

Z. Hanum, “Akuntansi Perpajakan,” Akunt. Perpajak., 2017.

V. M. M. Siregar, “SISTEM INFORMASI PENDATAAN LOGISTIK AKTIVA TETAP PT. BANK CENTRAL ASIA, Tbk KANTOR CABANG PEMATANGSIANTAR,” SISTEMASI, 2018.

A. Mardjani, L. Kalangi, and R. Lambey, “Perhitungan Penyusutan Aset Tetap Menurut Standar Akuntansi Keuangan dan Peraturan Perpajakan Pengaruhnya Terhadap Laporan Keuangan Pada PT.Hutana Karya Manado,” J. EMBA, 2015.

F. Isnaini, F. Aisyah, D. Widiarti, and D. Pasha, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENYUSUTAN AKTIVA TETAP MENGGUNAKAN METODE GARIS LURUS PADA KOPKAR BINA KHATULISTIWA,” J. Tekno Kompak, 2017.

W. Nugraha, M. Syarif, and W. S. Dharmawan, “Penerapan Metode Sdlc Waterfall Dalam Sistem Informasi,” Nugraha, Wahyu Syarif, Muhamad Weiskhy Steven Dharmawan, 2018.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

[1]
A. M. Yusuf, H. Hasmizal, and N. Dini, “Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang”, interkom, vol. 16, no. 1, pp. 38–45, Apr. 2021.

Most read articles by the same author(s)