Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2

Authors

  • Rahmat Gunawan STMIK Rosma
  • Tomi Hendri Prastyawan STMIK Rosma
  • Yudin Wahyudin STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.96

Keywords:

Android, Edukasi, Game

Abstract

Game telah menjadi sebuah sarana hiburan berbasis multimedia yang paling banyak diminati masyarakat terutama kalangan anak yang berusia muda saat ini. Inilah faktor yang mendorong banyak pengembang game berinovasi dengan produk-produk game yang memberikan impact positif bagi para peminatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia game, khususnya game yang bersifat edukatif bagi anak yang sekolah pada sekolah dasar. Sisi edukatif dalam game ini berupa pembelajaran quiz mata pelajaran matematika yang simple dan menarik. Dalam game ini pemain dapat menikmati permainan animasi 2D yang berbasiskan platform android yang sekaligus menambah pengetahuan dan pembelajaran berhitung dengan menjawab soal-soal pertanyaan yang ada dalam permainan game edukasi tersebut. Skor akan didapatkan berdasarkan jumlah jawaban yang benar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah metode pengumpulan data dan informasi yaitu dengan membaca, mencatat, mempelajari buku-buku literatur, melakukan searching literatur menggunakan internet browser serta sumber data lainnya yang berhubungan dengan masalah yang diteliti, dan metode pengembangan system menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) adalah pedoman yang mengatur jalannya proses membuat game. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah terselesaikanya pembuatan aplikasi game edukasi perhitungan dasar matematika sekolah dasar kelas 3, 4 dan 5 mengunakan construct 2. Game edukasi perhitungan dasar matematika sekolah dasar berbasis android ini diharapkan dapat memberikan pengalaman baru dalam dunia pembelajaran dan diharapkan mampu mencapai standar kompetensi siswa sekolah dasar dan meningkatkan minat anak sekolah dasar untuk belajar matematika khususnya belajar berhitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Kurniawan, T. D. Tambunan, and I. L. Sardi, “Game Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android Menggunakan Construct 2,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 1, no. 3, 2015.

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 2, 2019, doi: 10.23917/emitor.v19i2.7987.

T. Sutabri, “Tata Sutabri, 2004, Analisa Sistem Informasi , Penerbit ANDI, Yogyakarta, hal.9. 8,” Sist. Pengendali. intern pada yayasan Sos. kristen salib putih, 2014.

K. Wegrich, “Jeffrey L. Pressman and Aaron B. Wildavsky, Implementation,” Oxford Handb. Class. Public Policy Adm., vol. 1, no. July 2018, 2016.

R. A. Krisdiawan, R. Ramdoni, and A. Permana, “RANCANG BANGUN GAME TREASURE OF LABYRINTH DENGAN ALGORITMA BACKTRACKING BERBASIS ANDROID,” NUANSA Inform., vol. 14, no. 1, 2020, doi: 10.25134/nuansa.v14i1.2442.

R. Fatfouta, K. Rentzsch, and M. Schröder-Abé, “Narcissus oeconomicus: Facets of narcissism and socio-economic decision-making,” J. Res. Pers., vol. 75, 2018, doi: 10.1016/j.jrp.2018.05.002.

F. P. Putra, P. D. Husni Tamrin, S.T., M.T., and S. T. Dedi Ary Prasetya, “Pembuatan Game Animasi 3D Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity3D Dan Bahasa Pemrograman C #,” Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2012.

R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013, doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.

S. H Nazruddin, “Pengertian Android, eclipse,” Google.com, vol. 1,4-5, 2014.

Downloads

Published

2021-04-30

Most read articles by the same author(s)