Analisis Kepuasan Wajib Pajak Pengguna Layanan Whatsapp Sapa Karawang Di KPP Pratama Karawang Menggunakan End User Computing Satisfaction

Authors

  • Darmansyah Darmansyah STMIK Rosma
  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • Krismoniga Krismoniga STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v3i2.324

Keywords:

Whatsapp Sapa Karawang, Analisis Faktor, EUCS, Kepuasan Pengguna

Abstract

Whatsapp Sapa Karawang merupakan sistem informasi untuk menunjang seluruh aktivitas pelayanan pajak dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Sejak pertama kali dikembangkan Whatsapp Sapa Karawang belum diteliti mengenai kepuasan penggunaanya. Untuk mengetahui apakah Whatsapp Sapa Karawang telah dioprasikasi dengan baik atau tidak, maka bisa dilihat pada kepuasaan pengguna. Pada penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah kepuasan pengguna berdasarkan persepsi dan pengalaman mereka, pada penelitian pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. dengan menggunakan pada pola End User Computing Statisfaction (EUCS), dengan menganalisa melibatkan analisis faktor. Lalu penyebaran ke wajib pajak sebanyak 75 responden pengguna Whatsapp Sapa Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan wajib pajak pengguna layanan Whatsapp Sapa Karawang bedasarkan hasil analisis faktor yaitu indikator Content berpengaruh besar terhadap kepuasan layanan Whatsapp Sapa Karawang. Dengan nilai 2,343 atau > 1 ditentukan sebagai dasar utama. sebaliknya indiikator Format, dan Ease Of Use mendapatkan nilai < 1 dan tidak dapat menjadi faktor penentu kepuasan pada pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti, A. A. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Insentif Pajak, Dan Sistem E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotordi Masa Pandemi Covid-19. Assets, 11(1).

Chantika, L. (2022). ANALISIS PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI GOJEK DI SURABAYA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.33005/sitasi.v2i1.278

Darwati, Lilis, F. (2022). Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi OVO Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(2).

Fuziyyah, D., & Rakhmadhani, V. (2023). Pengaruh Penerapan E-Samsat dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kabupaten Indramayu. Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 17(1).

Gukguk, E. sanny R. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Economics, Accounting and Business Journal, 1(1).

Jirwanto, A., Manihuruk, A., Irviantina, S., & Felix, F. (2022). Analisis Kepuasan Pemanfaatan Portal Akademik MIKA Mikroskil oleh Mahasiswa dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal SIFO Mikroskil, 23(1). https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.817

Noviandry, H. (2023). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SKALA HARS PADA IBU HAMIL DI ERA PANDEMI COVID 19 DI BPS EVA YULIANTINE KABUPATEN PAMEKASAN. PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL, 4(2). https://doi.org/10.54832/phj.v4i2.341

Novita, D., & Helena, F. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i1.846

Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN END USER COMPUTING SATISFACTION. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321

Utami, Y., Rasmanna, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2).

Yanto, M. (2020). A ANALISIS PEMAHAMAN, PENERAPAN, DAN KEEFEKTIFAN E-FAKTUR DALAM PELAPORAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA CV. KUAT JAYA MANDIRI TANJUNGPINANG. CASH, 3(02). https://doi.org/10.52624/cash.v3i02.1081

Downloads

Published

2023-10-30

Most read articles by the same author(s)