Sistem Informasi Desa Berbasis Website Profil di Desa Bengle Kabupaten Karawang

Authors

  • Hamdan Sobari STMIK Rosma
  • Asep Samsul Bakhri STMIK Rosma
  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.218

Keywords:

Design Science Research Methodology, Profil Desa, Sistem Informasi

Abstract

Media Infomarsi yang digunakan saat ini masih menggunakan media cetak untuk menyampaikan informasi tentang Desa Bengle. Penyampaian informasi yang digunakan oleh Desa Bengle saat ini adalah menggunakan spanduk, banner, poster dan juga mading desa. Sehingga informasi yang diberikan belum efektif mengingat sasaran dan juga kebenaran dari informasi tersebut. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk merancang  sebuah sistem informasi profil desa berbasis web pada Desa Bengle. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Design Science Research Methodology (DSRM). Penggunaan metodologi ini difokuskan pada solusi permasalahan dan pengembangan sistem Media Infomarsi yang digunakan saat ini masih menggunakan cara cara umum untuk menyampaikan informasi khususnya tentang Desa Bengle. Dengan adanya sistem informasi profil desa ini diharapkan penyampaian informasi dapat dilakukan lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

.Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.

Dako, A. Y., Dako, R. D. R., & Ilham, J. (2014). Draft laporan akhir penelitian hibah bersaing (Issue September).

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). Peran Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Desa Prima. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13–23.

Hutahaean, J. (2016). Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean - Google Buku.

Ii, B. A. B. (2004). Gordon B.Davis. 1–26.

Indahsari, R., & Son Muarie, M. (2020). Sistem Informasi Profil Desa Berbasis Web (Studi Kasus: Desa Purwosari). Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 3(1), 33–41.

Isnur Khotimah. (2016). Pembuatan sipodes berbasis web pada desa purworejo kecamatan padangratu sebagai salah satu upaya menuju electronic goverment. 461–469.

Juliany, I. K., Salamuddin, M., & Dewi, Y. K. (2018). Perancangan Sistem Informasi E-Marketplace Bank Sampah Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2018, 19–24.

Peffers, K., Tuunanen, T., Gengler, C. E., Rossi, M., Hui, W., Virtanen, V., & Bragge, J. (n.d.). THE DESIGN SCIENCE RESEARCH PROCESS: A MODEL FOR PRODUCING AND PRESENTING INFORMATION SYSTEMS RESEARCH Corresponding Author.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2016). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall. Romney Dan Steinbart, 8–41.

Setiyani, L. (2021). Desain Sistem : Use Case Diagram. Prosiding Seminar Nasional : Inovasi & Adopsi Teknologi 2021, September, 246–260.

Suhendar, M., & Rosmalina. (2020). Pembuatan Profil Desa Gunungleutik Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 1(2), 1–6.

Downloads

Published

2022-05-21

Most read articles by the same author(s)