Analisis kepuasan pengguna akhir PLN Mobile menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction)

Authors

  • Fauziah Gusni STMIK ROSMA
  • Rahmat Gunawan STMIK ROSMA
  • Lila Setiyani STMIK ROSMA
  • Yeny Rostiani STMIK ROSMA

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.302

Keywords:

Aplikasi Mobile, Eucs, Pln Mobile, Kepuasan Pengguna,Sistem Informasi

Abstract

Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan perusahaan yang menyediakan jasa dibidang kelistrikan untuk masyarakat. PT PLN mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, dengan membuat sebuah aplikasi berbasis mobile yaitu aplikasi PLN mobile. Dengan menggunakan aplikasi tersebut konsumen mendapatkan informasi tentang tagihan listrik, penambahan daya, wadah aduan masyarakat dan juga informasi yang berkaitan dengan layanan listrik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi PLN Mobile menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) sebagai kerangka konseptualHasil analisis menunjukkan bahwa pengguna aplikasi PLN Mobile secara umum merasa puas dengan aplikasi tersebut. Dimensi EUCS seperti kemudahan penggunaan, kualitas sistem, dan dukungan teknis terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Namun, dimensi fleksibilitas dan keamanan tidak signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan aplikasi PLN Mobile yang lebih baik di masa depan, dengan fokus pada meningkatkan dimensi-dimensi EUCS yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964

Damayanti, A. S., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2018). Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 4833–4839.

Fitriansyah, A., & Harris, I. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Query: Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 1–8. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/1552

Haerudin, H. (2017). Evaluasi Sistem Informasi untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Pengguna www.my.unpam.ac.id dengan Menggunakan Metode EUCS dan PIECES. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(4), 174. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i4.1437

Husain, T., & Budiyantara, A. (2018). Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan WebQual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 4(2), 164–176. https://doi.org/10.35957/jatisi.v4i2.99

Kurniasih Indah, & Pibriana Desi. (2021). Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online. Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja OnlineBerbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS, Vol. 8(1), 181–198.

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengguna akhir terhadap aplikasi PLN Mobile menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS).

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 58. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105157

Sebagai, D., Satu, S., Untuk, S., Gelar, M., & Madya, A. (2023). Tugas akhir prosedur pelayanan keluhan pelanggan di pt. pln (persero) unit layanan pelanggan selatpanjang.

Sensuse, D. I., & Prayoga, S. H. (2012). Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Jurnal Sistem Informasi, 6(1), 70. https://doi.org/10.21609/jsi.v6i1.278

Setiyani, L., Wagiar, J., & Tjandra, E. (2020). Analisis Kualitas Sistem Aplikasi Dapodik Pada Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kutawaluya Menggunakan Model Webqual 4.0. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15(2), 12–20. https://doi.org/10.35969/interkom.v15i2.68

Sevtiyani, I., & Fatikasari, F. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna SIMPUS Menggunakan Metode EUCS di Puskesmas Banguntapan II. Health Information Management Journal ISSN, 8(2), 64–68.

Sudibyo, H., & A, B. S. W. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Pada Penerapan Sistem Informasi Pendidikan ( Dapodikmen ). Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 5(8), 57–71.

Sugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org. Sistemasi, 9(1), 143.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>