Bisnis Proses Manajemen E–letter pada STMIK Rosma Karawang dengan Menggunakan Metode Design Science Research
DOI:
https://doi.org/10.35969/inotek.v2i1.213Keywords:
Business Process Management (BPM), Business process Modeling Notation (BPMN), E-letterAbstract
Teknologi berkembang belum terukur. Proses bisnis sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan karena merupakan jembatan antara bisnis dengan teknologi informasi. Dengan adanya proses bisnis yang baik, dukungan teknologi informasi terhadap bisnis akan semakin jelas dan tepat. Masalah yang sering kali muncul adalah perusahaan belum mengetahui apakah mereka sudah memiliki proses bisnis yang baik dan tepat. Maka dari itu peneliti tertarik untuk menganalisa bisnis proses manajemen e-letter yang ada di STMIK Rosma menggunakan Business Process Management (BPM) dan pemodelannya dengan menggunakan Business process Modeling Notation (BPMN) adalah notasi grafis yang menggambarkan logika dari langkah-langkah dalam suatu proses bisnis. Notasi ini telah dirancang khusus untuk mengkoordinasikan urutan proses yang mengalir antara partisipan atau aktor dalam kegiatan yang berbeda.. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana bisnis proses manajemen pada proses pengelolaan surat menyurat (e-letter) di STMIK Rosma, harapan dari hasil penelitian ini dapat memberikan masukkan kepada kampus STMIK Rosma Karawang dalam proses pengolahan surat menyurat di STIMIK Rosma Karawang.
Downloads
References
Ardiansyah, A., Fardana, F. F., & Yaqin, M. A. (2021). Analisis dan Perancangan Artificial Intelligence Pada Business Process Management. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.28926/ilkomnika.v3i1.121
Dilson, D., & Noviardi, N. (2017). Metode DSRM Dalam Pelaksanaan dan Penatausahaan Alokasi Dana Desa. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(3), 217–225. https://doi.org/10.29207/resti.v1i3.70
Ikhsan, M., & Primadewi, A. (2020). Analisa dan Permodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN) Studi Kasus : The 11th University Research Colloquium 2020, 401–409.
Ningtiyas, R. K., Pulansari, F., & Hayati, K. R. (2018). Penerapan Business Process Management (BPM) (Studi Kasus: Proses Bisnis Mengeksekusi dan Mengelola Rencana Penjualan di Divisi Niaga PT PJB Services). Jurnal Teknologi, 11(2008), 65 – 71.
Nurhayati, L., & Setiadi, D. (2017). Pemodelan Proses Bisnis (Studi Kasus PD. Simpati Sumedang). Infoman’s, 11(1), 40–50. https://doi.org/10.33481/infomans.v11i1.20
Raharjo, R. B., F, N. F., & Nurmania, S. M. (2020). Process Redesign Untuk Pemilihan Ketua Umum Organisasi Kemahasiswaan Menggunakan Metode Business Process Management. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 6(3), 208–215. https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss3.2020.434
Saputra, H. M. J., Marviainyda, D. E., Larasatu, R. A., Addaffa, M. Z. A., & Atrinawati, L. H. (2020). Analisis Proses Bisnis pada Dinas Perdagangan Kota XYZ dengan Menggunakan Business Process Management Lifecycle. SPECTA Journal of Technology, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.35718/specta.v4i1.181
Setiyani, L. (2021). Process Discovery Pada Transaksi Penjualan CV. Jatayu Catra Internusa. Jurnal Simasi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(1), 14–19.