ANALISIS FAKTOR PENDORONG MINAT MAHASISWA KARAWANG MENGGUNAKAN GOJEK, GRAB SEBAGAI MEDIA TRANSPORTASI MENGGUNAKAN UTAUT

Authors

  • Novadhe Nitasari Sinaga STMIK ROSMA
  • Karya Suhada STMIK ROSMA
  • M.Wahidin STMIK ROSMA
  • Rukmanta Jayawiguna STMIK ROSMA

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v3i1.308

Keywords:

UTAUT, Gojek, Grab, Mahasiswa, Pendorong Minat.

Abstract

Salah satu transportasi yang sedang banyak digunakan yaitu adalah ojek online. Ojol atau ojek online ialah layanan menggunakan transportasi digital yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Terdapat dua perusahaan yang menjadi penyedia layanan ojek online terbesar di Indonesia yaitu Gojek dan Grab. Beragam golongan masyarakat yang sudah menjadi pengguna setia Gojek dan Grab, tidak terlepas dari mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong minat mahasiwa Karawang menggunakan Gojek, Grab sebagai media transportasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah UTAUT. Dalam penelitian ini, sumber daya yang dipakai untuk pengolahan data adalah SPSS. Penelitian ini dilakukan terhadap 105 responden mahasiswa Karawang yang menggunakan Gojek, Grab. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menyajikan data yang menunjukkan bahwa performance expectancy (ekspektasi kinerja), effort expectancy (ekspektasi usaha), social influence (pengaruh sosial), dan facilitating condition (kondisi pendukung) memiliki dampak positif terhadap pendorong keinginan atau minat menggunakan Gojek, Grab sebagai media transportasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AA Fitriani. (2018). Bab II. http://repository.untag-sby.ac.id/988/3/BAB%20II.pdf

Adi Ahdiat. (2022, December 8). Gojek vs Grab, Mana yang Konsumennya Lebih Banyak? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/gojek-vs-grab-mana-yang-konsumennya-lebih-banyak

Anindhita, W., Arisanty, M., & Rahmawati, D. (2016). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TEPAT GUNA PADA BISNIS TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi).

Firtian Soebali Putri, L., Mahendra, I., Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta Jl Damai No, P., Jati Barat, W., & Jakarta Selatan, M. (2017). ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI GO-JEK MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(1).

Gojek. (2022). Gojek. In https://www.gojek.com/id-id/about/.

M. Dahri. (2020). JENIS VARIABEL DAN SKALA PENGUKURAN, PERBEDAAN STATISTIK DESKRIPTIF DAN INFERENSIAL.

Mappeati, & Andi Maulana. (2021). PEMANFAATAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PELANGGAN GRABBIKE).

Miftahul Janna, N., & Pembimbing, D. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS.

Nasir, M. (2013). Evaluasi Penerimaan Teknologi Informasi Mahasiswa di Palembang Menggunakan Model UTAUT.

Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi Dodiy Fahmeyzan, U., Soraya, S., Etmy, D., Fahmeyzan, D., Etmy, D., & BUMIGORA Mataram, S. (n.d.). UJI NORMALITAS DATA OMZET BULANAN PELAKU EKONOMI MIKRO DESA SENGGIGI DENGAN MENGGUNAKAN SKEWNESS DAN KURTOSIS.

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Sa’dah Nurus. (n.d.). ANALISIS PENGGUNAAN SISTEM PENDAFTARAN ONLINE (E-HEALTH) BERDASARKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT).

wikipedia.com. (2022). Grab (perusahaan) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(perusahaan)

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)