ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE CV.AUFCO MENGGUNAKAN METODE SOSTAC

Authors

  • Apit Priatna STMIK Rosma
  • M Wahidin STMIK Rosma
  • Arif Maulana Yusuf Politeknik Negeri Indramayu
  • Azzahra Maharani Dewi STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/interkom.v20i1.440

Keywords:

Sistem Informasi, SOSTAC, E-Commerce, Bisnis, Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi sistem informasi pemasaran digital yang dilaksanakan oleh CV. AUFCO dalam mengembangkan usaha perdagangan elektronik mereka dengan menerapkan metode SOSTAC. Metode SOSTAC dipakai sebagai pedoman untuk menyusun dan menerapkan strategi pemasaran digital, yang mencakup tahapan Spesifikasi, Tujuan, Strategi, Taktik, Aksi, dan Pengendalian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam dengan pihak-pihak terkait di AUFCO. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa AUFCO berhasil menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif untuk menaikkan pendapatan, memperluas pasar, serta meningkatkan kepuasan pelang. Penggunaan SOSTAC membantu AUFCO dalam merumuskan tujuan usaha yang terarah, menentukan sasaran pasar yang tepat, dan menyusun taktik pemasaran yang efisien. Evaluasi terhadap pelaksanaan strategi menunjukkan bahwa AUFCO telah berhasil mencapai sebagian besar target yang ditetapkan, meskipun masih ada hambatan dalam menghadapi persaingan usaha yang ketat dan perubahan kondisi ekonomi yang tidak stabil. Penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran dalam memperdalam pemahaman tentang penerapan SOSTAC dalam konteks perdagangan elektronik, sekaligus memberikan saran bagi pelaku usaha lain yang berminat mengadopsi strategi serupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Ardiansyah, “Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Dengan Konsep Etnomatematika: Studi Kasus Kisah Kerajaan Singasari Dan …,” Proc. Life Appl. Sci., 2023.

I. Sari, “Keamanan Komputer dan Ancaman Cyber di Era Digital,” J. Teknol. Terkini, vol. 3, no. 4, 2023.

D. Widyaningsih, E. Zusrony, and H. Utomo, “Peran Digital Entrepreneurship Mindset: Keputusan Adopsi Platform Digital Bagi Pelaku Bisnis,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 13, no. 2, 2023, doi: 10.21456/vol13iss2pp162-171.

B. Irawan, “Adopsi platform digital dalam pengembangan kapasitas usaha mikro, kecil dan menengah di daerah khusus ibukota Jakarta,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 7, 2022.

A. Haikal, Y. H. Chrisnanto, and G. Abdillah, “Product Layout Determination System Using the Association Rules Method Using the Equivalence Class Transformation Algorithm,” Enrich. J. Multidiscip. Res. Dev., vol. 1, no. 6, 2023, doi: 10.55324/enrichment.v1i6.52.

A. Lidwina, “Produk Fesyen Jadi Primadona di E-Commerce,” Databoks.Katadata.Co.Id, no. 2020, 2021.

C. M. Annur, “Transaksi E-commerce Konsumen Usia Tua Terus Meningkat Ketimbang Gen Z dan Milenial,” Katadata Media Netw., 2023.

M. Irfan Syahroni, “ANALISIS DATA KUANTITATIF,” eJurnal Al Musthafa, vol. 3, no. 3, 2023, doi: 10.62552/ejam.v3i3.64.

R. Akbar, U. S. Sukmawati, and K. Katsirin, “Analisis Data Penelitian Kuantitatif,” J. Pelita Nusant., vol. 1, no. 3, 2024, doi: 10.59996/jurnalpelitanusantara.v1i3.350.

Y. Afianti, N. Ayu Ramadhani, A. Risnandyaa Rahmi, and H. Madiistriyanto, “Pemasaran Digital Efektif Dalam Platform Tokopedia: Studi Kasus,” J. Compr. Sci., vol. 2, no. 7, 2023, doi: 10.59188/jcs.v2i7.455.

A. Felix, C. Cerlysia, L. De Sheng, M. Hendra, R. Tjalani, and V. Colin, “Strategi Komunikasi Pemasaran Digital,” J. Common, vol. 7, no. 2, 2024, doi: 10.34010/common.v7i2.11475.

D. N. Rizki, “E-commerce adalah: Pengertian dan Contoh E-commerce,” Pengertian dan Contoh E-commerce. 2022.

L. E. Putri, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Di Indonesia,” J. TAFIDU, vol. 2, no. 1, 2023, doi: 10.57113/jtf.v2i1.269.

L. Salman, “ANALISIS PERENCANAAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat),” 2012.

N. Hikmah, M. Maisharah, and Q. Arty Qhalista, “Sistem Hubungan Industrial Pemberdayaan Masyarakat Eceng Gondok Desa Banyu Hirang,” J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 07, 2021, doi: 10.36418/jist.v2i7.201.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

[1]
A. Priatna, M. Wahidin, A. M. Yusuf, and A. M. Dewi, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN BISNIS E-COMMERCE CV.AUFCO MENGGUNAKAN METODE SOSTAC”, interkom, vol. 20, no. 1, pp. 37–45, Apr. 2025.