Analisis Tingkat Penerimaan Merchant Go-Pay Di Karawang Untuk Generasi Milenial Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) (Studi Kasus : Go-Pay pada aplikasi Go-Jek)

Authors

  • M. Wahidin STMIK Rosma
  • Dudi Awalludin STMIK Rosma
  • Rizki Andrian STMIK Rosma

Keywords:

GO-PAY, GO-JEK, Pembayaran Mobile, TAM

Abstract

Kemajuan teknologi di dunia  komunikasi nirkabel telah meningkatkan  jumlah pengguna perangkat mobile secara pesat, hal ini mendukung perkembangan mobile commerce. Oleh karena itu penggunaan mobile payment juga salah satu hal yang cukup penting karena banyak tempat pembelian makanan yang sekarang menggunakan mobile payment sebagai alat pembayaran nya salah satunya adalah GO-PAY. GO-PAY adalah sebuah aplikasi smart yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi secara online. GO-PAY sendiri merupakan cabang dari aplikasi GO-JEK yang memiliki banyak cabang lain seperti Go-Box, Go-Bike, Go-Car, dll. Berdasarkan uraian diatas penulis tertarik untuk meniliti tingkat penerimaan merchant GO-PAY di kota Karawang untuk kalangan milenial menggunakan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan media google form dan disebarkan secara online. Dari hasil penelitian ini memperlihatkan Persepsi kegunaan dan juga Persepsi Kemudahan penggunaan memiliki dampak positif terhadap penerimaan merchant GO-PAY pada kalangan milenial di Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W. (2018). Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi. Andi.

Dalam, U. T. N., & Ḍ P. A. Q. A. R. (2019). Analisis Praktik Go-Pay Pada Aplikasi Go-Jek.

Hevner, A. R., March, S. T., Park, J., & Ram, S. (2004). Design Science in Information Systems Research. MIS Quarterly, 28(1), 75–105. https://doi.org/10.2307/25148625

Mohammad, R. (n.d.). Paypal Akan Ditambahkan ke Fitur Pembayaran Gojek.

Priyono, A. (2017). Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis, 21(1), 88–106. https://doi.org/10.20885/jsb.vol21.iss1.art6

Setiyani, L., Effendy, F., & Slamet, A. A. (2021). Using Technology Acceptance Model 3 (TAM 3) at Selected Private Technical High School: Google Drive Storage in E-Learning. Utamax : Journal of Ultimate Research and Trends in Education, 3(2), 80–89. https://doi.org/10.31849/utamax.v3i2.6746

Wiweka, K., Wachyuni, S. S., Rini, N. A., Adnyana, I. N., & Adnyana, P. P. (2019). Perilaku Berwisata Wisatawan Generasi Milenial di Jakarta pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 4(3), 313–334.

Yudiana, Setiyani, L., & Effendy, F. (2021). ANALYSIS OF ACCEPTANCE LAYANAN TANGGAP KARAWANG APPLICATION ( TANGKAR ) USING TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODELS 3 ( TAM 3 ). The International Conference on Government Education Management and Tourism (ICoGEMT), 485–494.

Yulianto, S. E. (2011). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Pemanfaatan E-Learning Dengan Model Tam Di Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jbti, II(1), 1–14.

Downloads

Published

2021-11-27

Most read articles by the same author(s)