Pengembangan Aplikasi Media Informasi Via Android (Median) Di Badan Pusat Statistik Karawang

Authors

  • Wahyu Wahyu STMIK Rosma
  • Asep Samsul Bakhri STMIK Rosma
  • Yudiana Yudiana STMIK Rosma

DOI:

https://doi.org/10.35969/inotek.v5i1.469

Keywords:

Aplikasi Mobile, BPS Karawang, Mobile-D, Flutter, Data Statistik

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karawang menghadapi tantangan dalam diseminasi data statistik akibat aplikasi informasi yang ada memiliki antarmuka yang kurang ramah pengguna user-friendly, sehingga menyulitkan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan data. Studi ini berfokus pada pengembangan ulang aplikasi 'Media Informasi Via Android (MEDIAN), agar lebih sederhana, responsif, dan mudah dijangkau, dengan tujuan mendorong keterlibatan publik dalam pemanfaatan data statistik. Metode pengembangan yang digunakan adalah kerangka kerja agile Mobile-D , dengan perancangan sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi ini dibangun untuk platform Android menggunakan toolkit Flutter dan bahasa pemrograman Dart. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan staf BPS Karawang untuk memahami kebutuhan secara mendalam, dan pengujian fungsionalitas aplikasi menggunakan metode Black-Box Testing. Hasil penelitian ini adalah sebuah aplikasi "MEDIAN" yang fungsional berhasil mengatasi permasalahan antarmuka pada sistem sebelumnya. Pengujian menunjukkan bahwa fitur-fitur utama seperti beranda, ensiklopedia, dan infografis berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi solusi efektif untuk mempermudah akses data dan diharapkan mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat terhadap data statistik yang dipublikasikan oleh BPS Kabupaten Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrahamsson, P., Hanhineva, A., Hulkko, H., Ihme, T., Jäälinoja, J., Korkala, M., Koskela, J., Kyllönen, P., & Salo, O. (2004). Mobile-D: An agile approach for mobile application development. Proceedings of the Conference on Object-Oriented Programming Systems, Languages, and Applications, OOPSLA, 174–175. https://doi.org/10.1145/1028664.1028736

Bayu, P., Wijaya, A., & Kom, M. (n.d.). PEMOGRAMAN MOBILE DENGAN FLUTTER.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Downloads

Published

2025-08-05

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2