Analisis Sentimen Terhadap Pengguna Aplikasi Sapawarga Di Google Play Store
DOI:
https://doi.org/10.35969/interkom.v19i3.418Keywords:
Analisis Sentimen, Aplikasi Sapawarga, Naive BayesAbstract
Kemajuan teknologi informasi telah mengubah cara interaksi antara pemerintah daerah dan masyarakat. Aplikasi Sapawarga, sebuah inovasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berfungsi sebagai platform untuk memfasilitasi partisipasi publik dalam melaporkan dan menyelesaikan permasalahan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Sapawarga di Google Play Store dengan menggunakan metode Naive Bayes. Data ulasan diperoleh melalui scraping, diolah dengan tahapan preprocessing, dan dianalisis menggunakan algoritma Naive Bayes. Hasilnya menunjukkan bahwa model analisis memiliki akurasi sebesar 86%, presisi 76%, recall 89%, dan F1-score 78%. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk pengembangan aplikasi yang lebih responsif dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Jawa Barat.
Downloads
References
Christian, Y., Wibowo, T., & Lyawati, M. (2024). Sentiment Analysis by Using Naïve Bayes Classification and Support Vector Machine, Study Case Sea Bank. Sinkron, 9(1), 258–275. https://doi.org/10.33395/sinkron.v9i1.13141
Majid, A., Nugraha, D., & Adhinata, F. D. (2023). Sentiment Analysis on Tiktok Application Reviews Using Natural Language Processing Approach. Journal of Embedded System Security and Intelligent System, 4(1), 32–38. http://dx.doi.org/10.26858/jessi.v4i1.41897
Sitorus, R. A., Zufria, I., & Utara, S. (2024). Application of the Naïve Bayes Algorithm in Sentiment Analysis of Using the Shopee Application on the Play Store 1,2. 53–66.
Subbaih, K., & Kumar, B. (n.d.). Aspect category learning and sentimental analysis using weakly supervised learning. 1–14.
Syaripah, I., Martanto, M., & Suprapti, T. (2024). Analisis Sentimen Pengguna Terhadap Aplikasi Binance Pada Ulasan Google Play Store Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3714–3724. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8289
Tri Sanudin, F., Irawan, B., & Bahtiar, A. (2024). Analisis Sentimen Ulasan Aplikasi Sapawarga Di Playstore Menggunkan Algoritma Naïve Bayes. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 170–175. https://doi.org/10.36040/jati.v8i1.8300
Wardhani, I. P., Chandra, Y. I., & Yusra, F. (2023). Application of the Naïve Bayes Classifier Algorithm to Analyze Sentiment for the Covid-19 Vaccine on Twitter in Jakarta. International Journal of Innovation in Enterprise System, 7(01), 1–18. https://doi.org/10.25124/ijies.v7i01.171
Widodo, J., & Kusnan, K. (2023). Mapping and Analyzing E-Government Sentiments in Local Governments in Indonesia. Society, 11(2), 434–457. https://doi.org/10.33019/society.v11i2.558